Bersaing dengan Apple, BlackBerry Jadikan Indonesia Pasar Utama

Tanah air adalah pasar paling utama untuk BlackBerry, BBM yaitu basis pesan dengan 60 juta pemakai aktif bulanan (per Juni) di pasar dengan 250 juta orang. Berdasar info dari Euromonitor International, tahun 2020 Indonesia bakal jadi pasar paling besar ke empat untuk smartphone dengan penjualan tahunan sejumlah 1 miliar dolar AS. Namun dengan ketentuan TKDN, bermakna handset yang di jual butuh semakin banyak memiliki kandungan sisi yang bersumber dengan cara lokal. Th. depan, 30% dari smartphone yang terjual di Indonesia mesti mempunyai content lokal yang saat ini bisa meliputi piranti lunak atau investasi. Pada 2018, angka itu bakal bertambah jadi 40%. Th. ini, angka itu 20%.

130107_foxonn_bb
Supaya bisa jual hp di Indonesia, BlackBerry sudah di tandatangani perjanjian dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. serta bakal membuahkan, mempromosikan serta mendistribusikan semuanya handset BlackBerry di Indonesia. Disamping itu, ketentuan ini bakal jadi ‘masalah’ untuk kompetitor BlackBerry seperti Apple, yang susah penuhi sosok content lokal. Mempunyai software dengan content lokal tak menolong Apple, serta perusahaan diberitakan bakal bangun pusat R&D di Indonesia th. depan.

Hal yang sama juga dikerjakan Xiaomi. Seseorang juru bicara menyampaikan kalau Indonesia adalah pasar strategis untuk Xiaomi serta kami memiliki komitmen untuk tumbuh. Sedang Lenovo serta Samsung sudah membangun pabrik pada 2015, serta produsen smartphone yang lain sudah temukan perusahaan lokal untuk bangun serta merakit handset mereka. Bicara mengenai Samsung, perusahaan mempunyai market share paling besar di Indonesia pada kuartal ke-2, dengan 26% dari pengiriman smartphone menurut IDC.

Iklan