Tips Cara Menghemat Kuota 4G di Smartphone Android

Sekarang ini jasa operator jaringan di wilayah tanah air tengah berlomba sediakan service sambungan internet dengan kualitas jaringan terbaiknya, yakni 4G. Kehandalan jaringan internet 4G juga makin tinggi dengan adanya banyak produsen gadget yang melaunching hp dengan konektivitas 4G berbanderol yang ekonomis juga. Tetapi, walaupun tawarkan koneksi yang super cepat, jaringan 4G kadang-kadang bisa bikin dompet anda cepat bolong dengan adanya banyak kuota atau bandwidth yang dikonsumsi serta mesti di isi. Lantas bagaimana pemecahannya? Di bawah ini 5 trick yang bisa menolong anda untuk menghemat kuota internet di smartphone Android.

save

1. Optimalkan Feature Data Saver
Untuk berselancar di internet, sebagian besar pemakai Android memakai browser Google Chrome. Karenanya, untuk menolong pemakainya lebih irit berselancar di internet, Google juga menyisipkan feature keren yaitu modus Data Saver. Google mengklaim bila feature ini dapat menghemat kuota internet sampai 50%. Lumayan bukan?

2. Matikan Sinkronisasi
Terkecuali berselancar di internet, pemakaian data 4G bakal makin boros dengan adanya banyak aplikasi yang tersambung ke internet. Karenanya, untuk menghemat kuota internet anda di smartphone, sebaiknya anda mematikan feature sinkronisasi bebrapa aplikasi yang memanglah tidak sering dipakai atau yang tidak demikian butuh. Tidak cuma itu, anda juga bisa lebih menghemat pemakaian kuota internet 4G di smartphone dengan mematikan feature auto-update di aplikasi.

3. Cermati Data Usage Warning
Pertama kalinya dikenalkan pada system operasi Android KitKat, saat ini nyaris semua smartphone Android telah mempunyai feature yang bernama Data Usage Warning. Dengan menyalakan feature ini, anda bakal memperoleh peringatan bilamana pemakaian kuota internet mendekati batas yang telah ditata terlebih dulu.

4. Feature Restrict Latar belakang Data
Hampir sama juga dengan poin ke-2, feature ini bakal mematikan sebagian aplikasi bilamana tak digerakkan. Tetapi kekurangannya, aplikasi yang dimatikan akan tidak kirim pemberitahuan apa pun saat tidak dipakai.

5. Pakai Wi-Fi Waktu Update
Google Play Store kadang-kadang jadi argumen mengapa kuota internet anda cepat habis lho, terlebih waktu tengah lakukan up-date aplikasi. Untuk mematikan feature ini, anda dapat berikan centang pilihan untuk cuma meng-update aplikasi dengan cara automatis waktu tersambung dengan Wi-Fi saja.

Iklan